Monday 13 April 2015

Indonesiaku

INDONESIAKU, Ciri Khas yang Mendunia






Sebagai warga negara Indonesia, sudah sepetutnyalah kita harus bangga dengan budaya bangsa sendiri. Begitu banyak budaya Indonesia yang sudah mendunia dan banyak dikenal orang dari berbagai negara.
Berikut akan saya jabarkan beberapa budaya-budaya Indonesia yang sudah mendunia.

1. Bali

     Bali. siapa yang tak kenal dengan salah satu pulau terindah di Indonesia ini? tentu banyak yang sudah tahu tentang pulau ini. bahkan orang luar negeri pun banyak yang mulai mengenal Indonesia melalui pulau indah ini. 




         Begitu banyak keindahan-keindahan yang ditawarkan di pulau ini. mulai dari pemandangannya yang memanjakan mata, pantai nya yang merileksakan pikiran, dan lain-lain. Keindahan-keindahan tersebutlah yang menarik banyak wisatawan baik dari lokal maupun mancanegara. sampai-sampai pulau ini pun sering dikunjungi oleh selebritis-selebritis dunia.



              Di Bali pula begitu banyak budaya-budaya peninggalan leluhur yang masih dilestarikan. Budaya-budaya tersebut dapat juga menambah sesuatu daya tarik sendiri untuk para turis.


2. Pulau Komodo (Komodo)


   Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewankomodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.


    Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan KomodoKabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur,Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.
          Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor. Ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo.

3. Rendang


       Rendang atau randang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna coklat terang keemasan.


        Rendang dapat ditemukan di Rumah Makan Padang di seluruh dunia. Masakan ini populer di kalangan masyarakat Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara, seperti MalaysiaSingapuraBruneiFilipina, dan Thailand. Di daerah asalnya, Minangkabau, rendang disajikan dalam berbagai upacara adat dan perhelatan istimewa. Meskipun rendang merupakan masakan tradisional Minangkabau secara umum, masing-masing daerah di Minangkabau memiliki teknik memasak dan penggunaan bumbu yang berbeda.
          Pada tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World's 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang digelar oleh CNN International.

4. Batik



Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknikteknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.

Demikian beberapa kebudayaan Indonesia yang sudah mendunia. Semoga dengan informasi ini para pembaca dapat melestarikan kebudayaan-kebudayaan yang terdapat di Indonesia.
     
Sumber: wikipedia & google

1 comment: